Saturday, April 17, 2010

Teguhkan Iman

Guna dapat membangun suatu kekuatan dan keteguhan jiwa, kita haruslah bersedia untuk tunduk dan patuh kepada Sang Maha Pencipta untuk mengikuti perintahNYA dan menjauhi laranganNYA. Jika tidak ada kitab yang diturunkan oleh ALLAH melalui utusanNYA, para nabi dan Rasul dimana Rasul terakhir adalah Nabi Muhammad S.A.W,  maka alangkah susahnya kita untuk mendapatkan gambaran dari mana kita berasal dan akan kemana kita ini membawa hidup kita, mengingat pada kenyataan setiap manusia akan mengalami wafat dan dipanggil oleh ALLAH jika waktu ajalnya telah tiba. 

Kalau kita hanya mengandalkan kepada instink kita, masing-masing saja tidaklah cukup,  karena harus ada suatu patokan dasar yang sama yang dapat dibaca secara bersama-sama oleh setiap makhluk yang hendak mengetahui kemana ia akan melanjutkan hidupnya setelah manusia tersebut meninggal.

Salah satu instrumen yang dapat menangkap sinyal atau tanda-tanda kebesaran ALLAH Sang Maha Pencipta adalah hati kita. Dalam bahasa Al Quran hati ini disebut Qalbu. Namun Qalbu ini memerlukan perangkat untuk berkomunikasi yaitu pikiran kita dimana kita dilengkapai oleh Sang Maha Pencipta dengan diberikan otak yang dapat kita gunakan fungsinya untuk menggunakan Akal kita.  

Banyak sekali ayat Al Quran dimana ALLAH meminta kita untuk memperhatikan tanda-tanda kebesaran ALLAH misalnya adanya malam dan siang, yang merupakan tanda-tanda kebesaran ALLAH jika kita mau menggunakan Akal pikiran kita.

Memang ALLAH sangat Maha Pemurah kepada kita dimana dengan diciptakan siang dan malam  oleh ALLAH,  yang dapat berlangsung karena adanya Matahari dan Bulan yang diciptakan oleh ALLAH Sang Maha Pencipta, kita dapat menjalankan kehidupan kita untuk mencari karunia ALLAH dipagi hari dan beristirahat dimalam hari. Semua fenomena alam ini menunjukan kebesaran ALLAH sebagai Pencipta kita. Kita sebaiknya senatiasa  berdoa kepada ALLAH agar kita diberikan hidayah untuk bersedia membaca dan mendengarkan ayat suci AL Quran untuk meneguhkan iman kita, dan hadir dan mendengarkan ceramah dari para Ustad yang telah mempelajari AL Quran tersebut untuk disampaikan kepada kita sebagai umat muslim guna dapat mendapatkan pencerahan dan petunjuk hidup kita didunia dan mengapai kebahagian di akhirat. 

No comments:

Post a Comment