Saturday, May 22, 2010

Waduh Enak banget Punya Blog

Benar nih, enak banget punya Blog sehingga kita bisa menulis untuk kita jadikan teraphi kesehatan mental dan jiwa kita. Rasanya plong deh setelah menulis di Blog aku ini. Aku juga heran kenapa bisa begitu. Yang jelas dengan kita senang menulis di Blog kita kita juga akan melatih ketrampilan kita untuk mengetik dan sekaligus menulis. aku sudah lama juga tidak berkunjung  ke blog AGUNGSS BLOG UNEG2.

Soalnya kalau blog di Blogger dot com kita bisa pasang Iklan Adsense Indonesia. Siapa tahu dapat meraih pundi. Yang penting kita senang menulis di Blog dimana bagi ku pribadi aku bisa merasakan plong dan lega setelah melakukan penulisan tersebut. Lumayan ada jalan keluar menghilangkan kepenatan cara berpikir.

Karena kita seringkali merasakan kebuntuan dalam berpikir sehingga kita memerlukan suatu wadah dimana kita bisa mengeluarkan segala pikiran yang ada dalam diri kita. Selanjutnya yang enak adalah jika kita iseng2 baca tulisan kita lumayan banyak juga sudah tulisan kita di Blog kita ini. 

      Memang banyak sekali cara untuk dapat ditempuh agar hidup kita bisa bermakna dan berarti khususnya untuk diri kita sendiri dulu deh sebelum ada gunanya untuk orang lain.  Begitulah hidup itu terserah kepada diri kita mau dikemanakan diri kita ini. Yang jelas masing-masing individu haruslah dapat menemukan jalannya sendiri untuk dapat tetap survive dan menemukan kiat untuk dapat sehat baik mental, phisik, spiritual. 

Jika kita telah mencapai suatu tahapan umur tertentu, kita sebaiknya belajar dari segala macam kehidupan yang ada didunia ini baik yang gembira maupun yang sedih.Bagiku pribadi dengan kita menulis di Blog ini dapat merupakan therapi bagi kesehatan diri kita, karena kita bisa melepaskan segala macam pikiran dan perasaan yang ada dalam diri kita dengan bebas namun tetap bertanggung jawab.    

Kuatkan Tekad Iman

Iman itu memang naik dan turun. Namun dari pengalaman kita kita bisa memaksakan terhadap diri kita untuk mau meningkatkan diri kita untuk merasakan kenikmatan iman, dengan cara mau mendengarkan Al Quran dan secara perlahan melihat terjemahannya. Jika kita memiliki Digital AL Quran, saya rasakan hal ini lebih mudah karena bisa kita ulang 9 kali setiap 1 (satu) ayat yang kita baca.  Dengan jalan mendengarkan Digital Al Quran dapat menumbuhkan rasa keimanan didalam qalbu dan hati kita.

Ingatlah bahwa pintu tobat dengan memohon ampun kepada ALLAH atas kesalahan kita terbuka selebar2nya selama kita masih hidup dan roh belum sampai dikerongkongan kita. Mengingat kita tidak tahu kapan dan berapa lama kita diberikan kesempatan untuk berada didunia ini oleh ALLAH sebagai yang menciptakan kehidupan dan kematian ini, serta kebangkitan, alangkah baiknya jika kita pergunakan sisa kehidupan kita untuk berusaha untuk mendekatkan diri kepada ALLAH sebagai akhir tujuan perjalanan kita.

Jika kita membaca Al Quran kita seringkali membaca bahwa kita semua akan kembali kepada ALLAH. Baik kita ingkar atau kita tunduk kepada ALLAH, tetap saja kita pada ujungnya akan kembali kepada ALLAH. ALLAH adalah yang memberikan petunjuk dan hidayah kepada kita sesuai dengan kehendak ALLAH  Namun usaha adalah dari diri kita untuk berusaha mempertahankan keimanan kita kepada ALLAH dengan meningkatkan ketaqwaan kita kepada ALLAH.

Maka rajinlah kita khususnya pada malam hari jika kita mau tidur pasang Digital AL Quran dengarkan secara baik dan bacalah terjemahan Bahasa Indonesianya maupun Bahasa Inggrisnya nanti Insya ALLAH jika diizinkan oleh ALLAH,  kita akan merasakan faedah dan pengaruhnya terhadap jiwa kita untuk merasakan kelezatan kenikmatan iman.

Memang rasa keimanan itu bisa naik dan turun, namun diri kitalah yang dapat membangkitkan rasa keimanan tersebut karena usaha dan ikhtiar adalah ada pada diri kita dan bukan diluar diri kita. Kita memohon kepada ALLAH untuk bertobat dan mohon maaf atas kesalahan yang kita lakukan baik secara sengaja maupun tidak dan mohon untuk dapat merasakan kelezatan keimanan kepada ALLAH.

Jika kadakala kita tergoda dan khilaf melakukan kesalahan, bersegeralah untuk minta  ampun kepada ALLAH dengan memohon ampun dan tobat dan mohon untuk dihindari dari kecenderungan mengikuti hawa nafsu untuk melakukan perbuatan yang tidak disenangi oleh ALLAH. Tuntunan atas hal ini adalah  tertuang dalam kitab suci AL Quran bagi kita yang menganut agama Islam.

  • Terdapat firman ALLAH dalam Surat AL Quran Ali Imran 135 :
  • Artinya : orang yang memperoleh kebahagiaan ialah orang yang apabila terlanjur melakukan keburukan (perbuatan keji) atau menganiaya diri sendiri, lalu segera ingat kepada ALLAH kemudian memohon ampun kepada ALLAH dari dosa mereka dan tidak meneruskan perbuatan keji tersebut.
  Dengan demikian kita tidaklah boleh berputus asa dan merasa tidak akan diampuni dosa kita oleh ALLAH, selama kita mau berusaha untuk sadar dan segera ingat kembali kepada ALLAH untuk bersegera tobat dan mohon ampun kepada ALLAH karena hanya ALLAH yang mempunyai kapasitas untuk mengampuni dosa kita.

Friday, May 21, 2010

Mandiri ada Konsekwensinya

Yang penting kita menulis saja deh. Hampir 12 Tahun semenjak Juni 1998 aku merdeka mandiri dengan tidak mempunyai atasan karena aku buka kantor sendiri atau self employed. Memang nikmat merdeka itu. Saya  sewaktu permulaan  merdeka umurku sudah 47 tahun jadi relatif masih kuat secara phisik namun juga sudah mendekati umur 50 tahun. Kini setelah 12 tahun merdeka dan mandiri aku hampir mencapai 59 tahun. Waduh sudah berumur ya. Nah karena kini sudah mendekati umur 60 an tentunya badan kita harus benar kita jaga untuk dapat tetap sehat mengingat urat-uratnya sudah mulai kaku jika kita tidak pandai2 menjaga tubuh phisik kita.

Merdeka dan mandiri sih memang enak bayangin selama 12 tahun aku tidak ada yang memerintah secara boss, namun lebih kearah hubungan antara Lawyer dengan Klien. Hal ini adalah karena aku bergerak dalam pemberian Jasa Hukum terkait dengan aspek bisnis di Indonesia. Karena konsekwensinya tidak ada boss, maka tentunya aturan mainnya adalah sepenuhnya tergantung dari kita, dimana kita bebas dan tidak terikat oleh ketatnya jam kantor.

Namun dengan kini telah berumur hampir 59 tahun, aku mulai harus pandai mengelola kehidupan menjelang  aku memasuki umur tua. Hal ini tidak bisa kita cegah melainkan harus kita hadapi. Pengalaman kerja baik secara profesi Hukum Bisnis maupun secara mandiri sudah aku alami dan menjalankan secara nyata selama hampir 12 Tahun semenjak Juni 1998.  Memang kadangkala aku aku pikir nekad juga ya, karena bulan Juni 1998  adalah mulainya Indonesia terkena badai krisis ekonomi. Namun karena waktu tersebut sudah diputuskan untuk merdeka dan mandiri aku jalankanlah terjun dalam dunia baru penuh dengan eksperimen dan terjun bebas tanpa adanya kepastian income yang tetap.

Memang hidup ini harus kita jalani saja mengikuti alur perjalanan hidup kita, dimana masing-masing individual adalah bebas untuk memilih gaya hidup yang diingini dalam mencari nafkah kehidupan ini. Begitulah kehidupan mandiri aku jalankan selama 12 tahun ini, dimana kini aku sudah hampir memasuki akhir dari Umur Level 50-an memasuki Umur 60-an.

2 minggu terakhir ini aku merasakan sakit pinggang dibawah pinggang belakang kanan  yang aku rasakan nyeri baik di kaki kanan betis maupun bawah pingga kana belakang. Hal ini dimulai dari salah gerak menunduk sehingga terasa seperti kecetit urat pinggang belakang bawah tersebut. Aku sih sudah pijat 3 kali dan melatih gerakan kaki sambil tiduran supaya lemas otot uratnya. Karena aku mandiri tentunya tidak ada fasilitas pengobatan dari perusahaan sehingga aku harus benar berjuang untuk tidak sakit, sehingga aku berusaha keras melakukan latihan terapi gerakan kaki sambil tiduran menghadap atas supaya aku bisa menggerakan kaki seolah lari namun dengan posisi tiduran menghadap keatas diatas tikar yang keras.

Memang segala sesuatu ada plus dan minusnya. Sewaktu aku kerja sebagai pegawai Legal Counsel di Perusahaah besar seperti PT Freeport Company selama 5 tahun 1993 sampai 1998,  maupun Vico Indonesia ( Huffco Indonesia) selama 5 tahun 1985 hingga 1990, segala fasilitas dokter dan rumah sakit ditanggung oleh kantor  atau perusahaan dimana aku bekerja.

Namun semenjak bulan Juni 1998 hingga sekarang aku harus menanggungnya sendiri sehingga aku dipacu untuk berjuang supaya hidup pola sehat dengan berusaha untuk  rajin jalan kaki secara teratur untuk menjaga kondisi badan kita. Dengan demikian konskewensi dari kita bebas merdeka dan mandiri dalam mencari nafkah, adalah harus dipacu untuk menjaga kesehatan secara teratur agar tidak sakit.     

Memang hidup itu adalah pilihan dimana kita harus menannggung segala konsekwensi dari pilihan hidup kita itu. Memang merdeka dan mandiri enak, namun disisi lain kita juga harus lebih berusaha keras untuk menjaga kesehatan badan kita. Beginilah sekilas cerita singkat pengalamanku menjalankan hidup merdeka dan mandiri hampir 12 tahun semenjak Juni 1998.     

Thursday, May 20, 2010

Pertempuran antara kebaikan dan keburukan

Ya, didalam diri setiap manusia nampaknya senantiasa akan ada perang tanding dan tarik menarik antara kekuatan kebaikan dan keburukan. Si "manusia itu"  sendiri yang harus berusaha keras untuk melawan hawa nafsu yang godaannya sangat tinggi. Hawa Nafsu ini dapat berupa antara lain hawa nafsu untuk meraih kekayaan, pangkat, pengaruh, kekuasaan, wanita.




Kita harus dapat membedakan antara hawa nafsu yang tanpa kendali dengan hawa nafsu yang dirahmati oleh ALLAH. Dimanakah letak dorongan ambisi dan keinginan untuk meraih cita-cita kita untuk mencapai sesuatu dan hawa nafsu keserakahan mengejar sesuatu yang dinginkan dengan segala macam cara dihalalkan atau diperbolehkan. Kalaulah harta yang dikejar, maka segala jalan untuk mendapatkannya akan dilakukan, tanpa mengenal batas melanggar hak kepunyaan orang lain atau kepentingan orang lain. 

Jika itu menyangkut kekuasaan maka segala sesuatu cara dilakukan untuk dapat meraih kekuasaan itu, kalau perlu mengorbankan orang lain untuk dapat meraih kekuasaan tersebut. Jika orang tersebut ingin mempunyai pengaruh maka segala cara diterobos baik itu menyinggung dan melanggar kepentingan dan perasaan maupun hak orang lain.Orang yang sudah dirasuki dengan hawa nafsu keserakahan akan melakukan itu semua dengan segala macam cara termasuk kalau perlu dengan melakukan penyuapan dan penyogokan  agar kemauan keserkahan akan pengaruh tersebut tercapai

Kalau terkait dengan hawa nafsu yang bersangkutan dengan syahwat, maka goodaan akan hawa nafsu syahwat ini seringkali dilanggar bukan kepada orang lain saja  melainkan perang tanding untuk memenuhi syahwat  dorongan birahinya sendiri, melawan bisikan hati yang tidak membolehkan kita untuk mengikuti pemenuhan hawa nafsu birahi tersebut. 

PENDITEKSIAN  :

Dalam diri kita, kita dapat mendeteksi dalam bidang hawa nafsu mana yang sangat mendorong diri kita, dimana bisikan kebaikan untuk tidak melakukan keserakahan tersebut kalah untuk kita dengarkan atau patuh mengikuti bisikan tersebut. Yang muncul biasanya setelah kita melakukan dan mengikuti hawa nafsu yang tak terkontrol tersebut adalah rasa penyesalan yang mendalam.  Hal yang paling parah adalah jika bukan rasa penyesalan yang muncul melainkan kebanggaan kenikmatan melakukan hawa nafsu tersebut, karena telah ditutupi bisikan hati kita karena telah kebanyakan pengabaian kita untuk mendengarkan dan mengikuti bisikan kebaikan dari hati kita tersebut.    

Kalau istilah dalam agama kita telah kalah dengan bisikan syetan karena telah seringkali mengabaikan bisikan kebaikan dari hati bersih kita. Dalam kehidupan kita sehari-hari kita seringkali menghadapi perang tanding antara bisikan hawa nafsu yang tidak diberi Rahmat ALLAH dengan bisikan kebaikan yang terdapat dalam hati kita.

PILIHAN ADA SEPENUHNYA PADA KITA.

Tinggal kita mau  mendekatkan diri pada kegiatan yang dapat menumbuh kembangkan Hawa Nafsu yang tak terkendali ataukah kita memaksa diri kita untuk mau mendengarkan kitab suci AL Quran dengan segala petunjuk, berita gembira, obat, nasehat, peringatan yang diwahyukan oleh ALLAH kepada Nabi melalui Malaikat  Jibril untuk bagaimana semestinya hidup dengan jalan yang lurus yang diberikan oleh ALLAH yaitu jalan yang telah ALLAH beri kenikmatan  dan bukan orang yang dimurkai  dan orang yang sesat.

Sebagai manusia kita seringkali khilaf  maupun tidak luput  dari kesalahan mengikuti hawa nafsu, namun kalau bisa kita sebaiknya dapat  menumbuh  kembangkan rasa penyesalan dan bertobat untuk tidak mengulangi perbuatan yang dilarang oleh ALLAH dan mengikuti dan mentaati apa yang diperintahkan oleh ALLAH baik dalam Kitab Suci NYA maupun bisikan hati kita dengan memoles hati kita dengan seringkali mengingat dan membesarkan nama ALLAH agar  mendung atau tertutupnya hati kita dari Cahaya ALLAH dapat kita kembalikan untuk mendapatkan pencerahan guna meraih ketenangan Jiwa  sebagai hasil dari kepatuhan kita untuk memohon ampun kepada ALLAH dan berusaha untuk membangun rasa keimanan dan ketaqwaan kita.        

Saturday, May 8, 2010

Salah Urat Salah Posisi Sakit Pinggang

Yah, kurang lebih seminggu lalu saya nyapu pakai sapu lidi, namun tidak ada gagangnya sehingga pada suatu posisi tertentu, ternyata rasanya kayak kesetrum sekujur tubuh dan langsung pinggangku sakit.Waduh benar2 sakit rasanya pinggangku. Aku jadi tidak bisa bangun dari tempat tidurku. Aku telepohone isteriku, dan langsung dibawa siang harinya ke tukang pijat dibilangan cipete. Namun untuk naik kendaraan mobil saja sudah susah banget. Rasanya nyeri dan sakit tuh pinggangku. Waduh aku kemudian dipijat dan dibilangin bahwa terjadi perputaran urat pinggangku. wah sakit benar, dipijatnya.

Setelah aku pijat, aku ditelepon salah satu Customerku untuk rapat, dan aku menghadiri rapat tersebut pada malam hari, namun dengan rasa sakit pada pinggangku tersebut. Sehingga untuk minum kopipun rasanya tidak bisa mengambil dari meja, sehingga dibantu oleh Customerku.

Aku pada malam harinya sewaktu tidur, sama sekali engga bisa menggerakan tubuhku. Mau bergerak susah sekali. Begitu pula sewaktu aku mau turun dari tempat tidur benar-benar merupakan perjuangan tersendiri untuk bisa mencapai suatu posisi untuk bisa duduk. Begitu bisa dudukpun, sangat sukar sekali untuk bisa bangun berdiri. Sehingg perlu dibantu oleh isteriku untuk bisa berdiri. Wah, besoknya aku pijat lagi, dimana sakit banget dipijat bagian pinggang maupun bagian tempat bertemunya daging dan tulang pinggangku maupun tempat kedudukanku.

Pada malam harinya ternyata aku juga masih sukar sekali untuk berubah posisi dari satu posisi keposisi lain. Sungguh nikmat rasanya jika kita sehat dan bebas dapat bergerak atau mengerakkan badan kita tanpa adanya rasa sakit.  Jika kita sudah berada disatu poisisi duduk misalnya, untuk 5 menit, maka untuk dapat menggerakan dan merubah posisi duduk kita untuk berdiri, benar2 sangat sukar dan sangat terasa sakit sekali. Yah ini mungkin terjadi karena ada salah urat yang menyebabkan memar dan bengkak urat kita disekitar pinggang dan tempat kedudukan kita.

Untuk menghilangkan rasa sakit, aku minum Ponstan, sehingga lumayan rasa sakitnya berkurang. Waduh badan kita ini ternyata kalau salah urat atau posisi, bisa menyebabkan memar untuk diletakkan pada posisi semula, sehingga kita harus bersyukur kepada ALLAH jika badan dan tubuh kita yang terdiri dari tulang, urat dan syaraf bisa berfungsi dengan benar.      

ALLAH berfirman dalam surat  Al Muminuun 23 ayat 12 - 14
  •  "Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia itu dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kamudian Kami jadikan ia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Sucilah Allah , Pencipta Yang Paling Baik." (QS. Al Mu’minuun (23) : 12-14).
Dengan demikian, jika kita mengalami salah urat pada pinggang kita,  dimana juga terletak adanya Tulang Belakang, dimana pada setiap ruas tulang belakang tersebut ada alat sambungnya, dan juga terdapat syaraf, kita benar-benar harus mengenal cara kerja tubuh kita khususnya terkait dengan Urat yang terdapat pada daging, yang menyambung pada tulang pinggang/pinggul, sehingga kita harus benar menjaga kesehatan tubuh kita, dan juga menjaga posisi bergerak khususnya jika kita telah menginjak usia  diatas 50-an, karena urat kita sudah tidak se-elastis sewaktu kita masih muda.

Setelah dipijat ketiga kalinya, ALHAMDULILLAH, aku sudah mulai dapat bergerak dari tempat tidur keposisi duduk, dimana memang membutuhkan waktu proses pemulihan atas urat pinggang kita yang mengalami memar akibat salah menggerakan posisi badan kita. 

ALLAH MAHA Kuasa Yang Telah Menciptakan manusia dengan kelengkapan darah, daging, tulang dan syaraf.  Kita harus menjaga kesehatan tubuh kita selama roh dan jiwa kita masih diberikan kesempatan untuk berada ditubuh kita yang diciptakan oleh ALLAH Yang Maha Pencipta.  Sehat itu memang mahal, namun kita kadangkala kurang bersyukur, karena semua diberikan gratis oleh ALLAH kepada kita, dan kita baru sadar  akan kenikmatan sehat ini, termasuk kesehatan tubuh, urat, daging, tulang , syaraf , setelah kita mengalami sakit atas badan kita tersebut. 

Menurut Ustad, Nabi Muhammad S.A.W.  bersabda bahwa sakit itu juga menghapus dosa kita. Insya ALLAH. Amien.