Tuesday, April 6, 2010

Kesadaran Memaknai Hidup


Kesadaran untuk memaknai hidup harus diperjuangkan. Hal ini harus dilakukan oleh kita sebagai manusia agar kita tidak terlena atau lupa akan makna kehidupan kita karena waktu itu cepat berlalu tanpa kita rasakan. Search Amazon.com for Al Quran Guidance

Kita setiap pagi bangun namun kadangkala kita lewatkan begitu saja makna artinya mulainya Pagi hari dimana dimulai dengan terdengarnya Azan panggilan subuh dari Mesjid yang kedengaran dari rumah kita sebelum terbitnya matahari. Mesjid adalah Rumah ALLAH, dimana kita sebagai pria muslim  harus membangun kharakter disiplin kita untuk bisa mengikuti irama bangun Subuh setelah mendengar Azan subuh untuk bersegera ke Mesjid setelah kita membersihkan badan kita sesuai dengan perintah dan tuntunan ALLAH dan Rasul Muhammad S.A.W.baik dalam Al Quran  maupun Hadist Nabi.

Alangkah indah dan nikmatnya udara Subuh dimana udaranya penuh  dengan oksigen dan udara yang masih bersih dan segar. Kita bersyukur kepada ALLAH bahwa kita masih diberikan kesempatan untuk bangun Subuh untuk menunaikan sholat subuh di Mesjid dekat rumah kita berada sesuai dengan perintah dan petunjuk ALLAh dan RasulNYA.

Memang dipagi hari badan kita sebagai Mikro kosmos, sangat membutuhkan oksigen dan udara bersih  yang disediakan oleh ALLAH Sang Maha Pencipta alam Macro Kosmos guna  kita hisap dan hirup  untuk  masuk kedalam paru-paru kita guna diteruskan untuk mempompa Jantung kita untuk menyalurkan darah keseluruh tubuh kita. 

ALLAH memang sangat Maha Pemurah dan Maha Penyayang kepada kita dimana jika kita masih diberikan kesempatan hidup disediakan Oksigen dan Udara yang bersih secara gratis dan percuma setelah terjadi proses secara alamiah perputaran Bumi berserta bulan dan Matahari dimana sistem kerja mekanisme alam ini bukan terjadi secara kebetulan melainkan secara pasti dan teratur da yang mendesign dan merancang secara sempura yaitu ALLAH Maha Tunggal Pencipta alam semesta ini.  

Hal ini adalah sesuai dengan Firman ALLAH dalam Surat Guruh : Quran Surah 13 ayat 2 dan 3 terjemahannya saya kutip dari salah satu sumber di Internet :
  • Allah-lah Yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas Arsy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan. Allah mengatur urusan (makhluk-Nya), menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuan (mu) dengan Tuhanmu. ( QS 13.2)
  • Dan Dialah Tuhan yang membentangkan bumi dan sungai-sungai padanya. Dan menjadikan padanya semua buah-buahan berpasang-pasangan, Allah menutupkan malam kepada siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan. (QS. 13:3)
Dengan demikian kita sebagai muslim harus sangat bersyukur kepada ALLAH yang telah mengutus Rasul Muhammad S.A.W. dimana melalui Nabi telah diturunkan Kitab Suci AL Quran sebagai informasi dari ALLAH mengenai Siapa yang menciptakan dan membentang bumi, yang menutup siang dan malam, yang menundukan matahari dan bulan,  dimana sesuai dengan Surat 13 ayat 2 dan 3 diatas adalah ALLAH. Kemudian ALLAH menyatakan bahwa fenomena alam diatas diatas sesungguhnya menjelaskan dan menunjukkan " Tanda-tanda" Kebesaran ALLAH, bagi kaum yang memikirkan. 

Begitu juga ALLAH menerangkan bahwa peredaran matahari dan bulan tersebut akan beredar samapi waktu yang ditentukan, sehingga hal diatas merupakan penjelasan tanda-tnda kebesaran ALLAH supaya kita yakin adanya pertemuan dengan ALLAH setelah waktu beredarnya Matahari dan bulan mencapai waktu yang ditentukan.      

Untuk membangun rasa bersyukur dan beriman kepada ALLAH ini kita harus  senantiasa mohon kepada ALLAH untuk senantiasa diberikan petunjuk dan dibuka hati kita untuk dapat menerima ajaran dan pelajaran ALLAH dalam Al Quran ini, guna kita bisa Insya ALLAH hidup sesuai dengan tuntunan dan petunjuk dari ALLAH Sang Maha Pencipta Kehidupan ini hingga tiba waktu ajal kita. Amien. 

Jika kita menjauhkan diri kita dari ingat kepada ALLAH, maka syaitan akan senantiasa berusaha membisikan kepada kita pikiran jahat yang tidak diridhoi oleh ALLAH sesuai dengan Surat Al ' Araf ayat 17 .  Terjemahan :

".... kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).

Selanjutnya kita mendapatkan infoirmasi dari ALLAH dalam Surat Al Quran Surat AL 'Araf ayat 27 :
Quote:
Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpim bagi orang-orang yang tidak beriman.
Unquote :

Karenya kita harus berusaha untuk secara konsisten senantiasa membangun kedekatan kita  kepada  ALLAH dan senantiasa mohon perlindungan kepada ALLAH  Yang Maha Pelindung  dari gangguan Syaitan yang merupakan musuh nyata kita ini,karena ALLAH telah menjadikan syaitan-syaitan sebagai pemimpin-pemimpin bagi orang yang tidak beriman. 
Mudah-mudahan kita dapat memulai membangun Kesadaran Mamaknai Hidup didunia ini yang bersifat sementara, karena kehidupan yang lebih kekal dan nyata adalah kehidupan di AKHIRAT. 

No comments:

Post a Comment