Tuesday, April 20, 2010

Mohon Ampun dan Tobat

Karena kita masih diberikan kesempatan untuk hidup oleh ALLAH hingga hari ini, maka Insya ALLAH kita dapat memanfaatkan waktu hidup ini untuk mohon ampun dan Tobat kepada ALLAH dan segera memperbaiki diri kita dengan melakukan islah atau perbaikan diri, guna Insya ALLAH mendapatkan berkah dan rahmat ALLAH dalam kehidupan didunia ini sampai waktu yang ditentukan oleh ALLAH.Nasehat diatas aku peroleh tadi pagi sewaktu mendapatkan kuliah subuh dari Ustad Tommy di Mesjid Al - Muchlisin Kompleks Deplu Gandaria Selatan. Surat yang diacu adalah Surat Hud ayat 3 dari Al Quran yang berbunyi : Terjemahannya 

  • Dan hendaklah kamu mohon ampun kepada Tuhanmu dan bertobat kepada ALLAH, niscaya DIA akan memberikan nikmat yang baik kepadamu sampai waktu yang ditentukan.Dan DIA akan memberikan karuniaNYA kepada setiap orang yang berbuat baik.Jika kamu berpaling maka sungguh Aku takut kamu akan ditimpa azab pada hari yang besar.
Dengan kita bertobat ini berarti kita tidak boleh lagi keluar dari zona tobat. Jika tidak maka kita dianggap mempermainkan tobat. Jika kita mengabaikan hal ini maka kita akan disiksa oleh ALLAH. Didalam kebaikan ALLAH ada kemarahan ALLAH. 

Surat 16 AN Nahl ayat 119 terjemahannya :

  • Kemudian sesungguhnya Tuhanmu (mengampuni) orang yang mengerjakan kesalahan karena kebodohan, kemudian mereka bertobat setelah itu memperbaiki dirinya, sungguh Tuhanmu setelah itu benar-benar MAHA Pengampun dan Maha Penyayang. 

CARA BERTOBAT

ALLAH memberi solusi cara bertobat : antara lain ( terjemahannya)
  1. Surat 2 ayat 37 ......ucapkan kalimat mohon ampun dan bertobat....
  2. urat 2 ayat 54 pada masa Nabi Musa : taubat dan bunuh diri ...namun sekarang sudah tidak bunuh diri, sehingga syariat Nabi Musa ini sudah tidak berlaku lagi.
  3. Surat 2 ayat 160 ...melakukan segala perbuatan baik untuk menghilangkan/menutup dosa lalu
  4. akui kesalahan seperti Nabi Yunus yang lari dari kaumnya....
  5. Surat 3 ( 195) ...tidak meneruskan perbuatan dosa itu
  6. Jika kita berhubungan dengan manusia maka jika mengambil hak orang lain kita kembalikan hartanya, jika kita bergunjing minta maaf pada orang yang kita gunjing, jika ada hutang kembalikan, namun jika kita tidak mampu membayar hutang karena kita tidak ada uang maka kita minta maaf kepada orang yang memberikan hutang tersebut. 
Jika orang yang kita berhutang atau haknya kita ambil namun orang tersebut sudah meninggal atau kita tidak bisa temukan, maka kita sedekahkan harta atau uang tersebut kepada mesjid mengatas namakan orang tersebut. Kita juga doakan agar orang yang meninggal tersebut di ampuni dosanya dan diterima tobatnya oleh ALLAH.
    Nah, mumpung kita sekarang masih hidup, maka mengingat kita tidak tahu sampai umur berapa kita hidup didunia ini, sebaiknya kita memulia mohon ampun dan tobat kepada ALLAH Yang Maha Pemberi Tobat dan segera melakukan perbaikan dan menambah amal saleh kita dengan ikhlas dan semata-mata mengharapkan Ridho dari ALLAH.

    Tempat bertobat adalah selama kita masih hidup didunia sedangkan jika kita sudah meninggal, kita hanyalah menerima akibat dari perbuatan kita.

    Alangkah indahnya hidup didunia ini jika kita saling memaafkan dan saling mengingatkan agar kita bukan hanya bisa bersahabat didunia melainkan Insya ALLAH sampai Hari Akhirat. Semoga ALLAH memperkenankan doa kita dan Insya ALLAH senantiasa menunjukan kita jalan yang benar dan lurus sesuai dengan petunjuk ALLAH Yang Maha Kuasa.     
     

       

    No comments:

    Post a Comment