Saturday, May 22, 2010

Kuatkan Tekad Iman

Iman itu memang naik dan turun. Namun dari pengalaman kita kita bisa memaksakan terhadap diri kita untuk mau meningkatkan diri kita untuk merasakan kenikmatan iman, dengan cara mau mendengarkan Al Quran dan secara perlahan melihat terjemahannya. Jika kita memiliki Digital AL Quran, saya rasakan hal ini lebih mudah karena bisa kita ulang 9 kali setiap 1 (satu) ayat yang kita baca.  Dengan jalan mendengarkan Digital Al Quran dapat menumbuhkan rasa keimanan didalam qalbu dan hati kita.

Ingatlah bahwa pintu tobat dengan memohon ampun kepada ALLAH atas kesalahan kita terbuka selebar2nya selama kita masih hidup dan roh belum sampai dikerongkongan kita. Mengingat kita tidak tahu kapan dan berapa lama kita diberikan kesempatan untuk berada didunia ini oleh ALLAH sebagai yang menciptakan kehidupan dan kematian ini, serta kebangkitan, alangkah baiknya jika kita pergunakan sisa kehidupan kita untuk berusaha untuk mendekatkan diri kepada ALLAH sebagai akhir tujuan perjalanan kita.

Jika kita membaca Al Quran kita seringkali membaca bahwa kita semua akan kembali kepada ALLAH. Baik kita ingkar atau kita tunduk kepada ALLAH, tetap saja kita pada ujungnya akan kembali kepada ALLAH. ALLAH adalah yang memberikan petunjuk dan hidayah kepada kita sesuai dengan kehendak ALLAH  Namun usaha adalah dari diri kita untuk berusaha mempertahankan keimanan kita kepada ALLAH dengan meningkatkan ketaqwaan kita kepada ALLAH.

Maka rajinlah kita khususnya pada malam hari jika kita mau tidur pasang Digital AL Quran dengarkan secara baik dan bacalah terjemahan Bahasa Indonesianya maupun Bahasa Inggrisnya nanti Insya ALLAH jika diizinkan oleh ALLAH,  kita akan merasakan faedah dan pengaruhnya terhadap jiwa kita untuk merasakan kelezatan kenikmatan iman.

Memang rasa keimanan itu bisa naik dan turun, namun diri kitalah yang dapat membangkitkan rasa keimanan tersebut karena usaha dan ikhtiar adalah ada pada diri kita dan bukan diluar diri kita. Kita memohon kepada ALLAH untuk bertobat dan mohon maaf atas kesalahan yang kita lakukan baik secara sengaja maupun tidak dan mohon untuk dapat merasakan kelezatan keimanan kepada ALLAH.

Jika kadakala kita tergoda dan khilaf melakukan kesalahan, bersegeralah untuk minta  ampun kepada ALLAH dengan memohon ampun dan tobat dan mohon untuk dihindari dari kecenderungan mengikuti hawa nafsu untuk melakukan perbuatan yang tidak disenangi oleh ALLAH. Tuntunan atas hal ini adalah  tertuang dalam kitab suci AL Quran bagi kita yang menganut agama Islam.

  • Terdapat firman ALLAH dalam Surat AL Quran Ali Imran 135 :
  • Artinya : orang yang memperoleh kebahagiaan ialah orang yang apabila terlanjur melakukan keburukan (perbuatan keji) atau menganiaya diri sendiri, lalu segera ingat kepada ALLAH kemudian memohon ampun kepada ALLAH dari dosa mereka dan tidak meneruskan perbuatan keji tersebut.
  Dengan demikian kita tidaklah boleh berputus asa dan merasa tidak akan diampuni dosa kita oleh ALLAH, selama kita mau berusaha untuk sadar dan segera ingat kembali kepada ALLAH untuk bersegera tobat dan mohon ampun kepada ALLAH karena hanya ALLAH yang mempunyai kapasitas untuk mengampuni dosa kita.

No comments:

Post a Comment