Friday, October 26, 2012

Melihat Kebesaran ALLAH dari Memotong Qurban

ALHAMDULILLAH (Puji Bagi ALLAH),  terasa bahwa dengan kita terlibat memotong dan menyayati Qurban kambing, di Mesjid Al-Mukhlisin, Cipete, Gandaria Selatan,  kita dapat merasakan tanda2  kebesaran ALLAH dari daging kambing yang kita potong tersebut. Aku  mengambil copy cut pase photo diatas  dari http://www.triktips.com/1082/sejarah-hari-raya-idul-adha.html untuk dishare dengan pembaca....karena menurutku bagus...gambarnya.
  • Oh ya, aku dengan teman2 dibilangan Mesjid Mukhlisin, Kompleks Deplu, Cipete, Gandaria Selatan, pada hari kedua Hari Raya Idul Adha, terlibat berpartisipasi membantu menyayati daging kambing dengan pisau lumayan tajam, yang aku pinjam dari salah satu kawan sesama peserta hari ini. Kita dapat merasakan pada saat menyayat kambing tersebut, dagingnya masih terasa hangat; Kita dapat merasakan hebatnya ciptaan ALLAH,  karena misalnya daging yang dibagian kaki kambing, sewaktu kita sayat, ternyata dibungkus dengan lapisan pembungkus putih yang kuat dan rapi  dari ujung tulang sambungan dengkul kaki kambing hingga bagian paha,  sehingga kita membutuhkan suatu  kiat untuk dapat membongkar bungkusan tersebut, dengan memulai menyayatnya dari ujung dengkulnya; 

Begitu juga tulang rusuk atau iga, kalau kita sudah mulai terbiasa memotongnya, maka sambungan pembungkus urat putih dari tulang rusuknya dapat kita potong dan lepaskan tulang rusuk ini dari tulang belakang ruas kambing yang sudah terbelah tersebut. Kita juga dapat memotong daging dari setiap tulang rusuk iga tersebut. Nah, kalau sebelahku memakai semacam kampak yang tajam, sehingga bagian yang besar dan keras dapat dikampak untuk dibelah menjadi bagian yang kecil-kecil. Wah, kita baru bisa merasakan bagaimana tukang jagal kambing bekerja memotong kambing sebelum kita bisa memakannya dimangkok dop kambing, pada saat Hari Raya idul Adha ini.
  • Rasanya ada kepuasan qalbu hati,  jika kita dapat rame2 dengan kawan2 kita disekitar Mesjid kompleks Deplu, Cipete, Gandaria Selatan  terlibat berpartisipasi memotong dan menyayat daging kambing serta tulang kambing tersebut, untuk selanjutnya ditimbang dan dibagi2kan kepada orang yang membutuhkan di-sekitar Mesjid Al Mukhlisin, Cipete, Gandaria Selatan.   
Wah, sudah dulu ya..tulisan ku dihari kedua Hari Raya Idul Adha
Jakarta 27 Oktober 2012
Agung S.Suleiman...

No comments:

Post a Comment